Kenapa Amerika Serikat sering disebut Negara Paman Sam?

0 Comments


Kenapa Amerika disebut negara paman sam
Kabarunik - Kebanyakan dari kita tentu tahu dan mungkin sering kali menggunakan istilah Negara Paman Sam untuk menyebut Amerika Serikat. Istilah ini cukup populer dan hampir di semua Negara di seluruh dunia mengenal istilah ini. Tapi tahukah anda kapan dan kenapa Amerika Serikat dijuluki Paman Sam?

Sejarah pasti tentang asal usul istilah Paman Sam memang tidak ada. Ada beberapa teori dan cerita yang beredar di masyarakat , khususnya masyarakat Amerika mengenai istilah ini. Salah satu yang cukup terkenal adalah cerita tentang seorang penyuplai daging untuk tentara Amerika pada perang tahun 1812. Dia lah Samuel Wilson.

Selama masa perang, Wilson bertugas dalam pemotongan dan pengepakan daging untuk Angkatan Darat AS. Ia mengirimkan daging yang dikemas dalam jumlah besar. Dalam setiap pengirimannya, Wilson menempelkan cap bertuliskan "U.S." yang merupakan singkatan dari United States atau Amerika Serikat dalam bahasa kita. Namun ada lelucon yang beredar di kalangan tentara pada saat itu jika ada yang menanyakan apa maksud cap "U.S." tersebut. Lelucon itu adalah bahwa cap U.S. maksudnya adalah kepanjangan dari "Uncle Sam (Paman Sam)" Wilson, si pengirim daging tersebut. Lelucon ini berkembang dan memunculkan ide kata Paman Sam disimbolkan dan diidentikkan sebagai Pemerintah Federal Amerika.

Baca Tulisan Lainnya Juga :)

0 komentar: