Algoritma, Mahluk Apa Itu?

0 Comments


Dalam matematika dan komputasi, algoritma atau algoritme merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah, ada kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma.

Algoritma merupakan langkah pertama yang harus dirancang dan dipikirkan setiap kali akan membuat sebuah program atau aplikasi. Tanpa algoritma, membuat program akan menjadi
belajar algoritma
lebih sulit dan tentu saja akan membuang waktu saat penulisan coding. Ini disebabkan kita harus memikirkan cara bekerja program sekaligus menulis dan menterjemahkannya ke dalam bentuk kode-kode bahasa pemrograman.

Hal yang paling sederhana yang dapat dilakukan untuk membuat algoritma adalah dengan membuat coret-coretan di atas kertas mengenai cara dan alur kerja dari program yang akan kita buat. Coret-coretan yang biasa disebut pseudo code ini dapat kita tulis tanpa aturan baku. Kita bisa menggunakan bahasa kita sendiri asalkan kita mudah memahami saat akan menerapkannya ke dalam kode bahasa pemrograman.

Cara lain yang umum digunankan adalah dengan membuat Diagram Alur atau sering disebut Flow Chart. Cara ini lebih memiliki aturan baku dibanding pseudo code. Penulisan flow chart pada kebanyakan kasus umumnya lebih mudah dipahami, karena ada aturan bakunya. Sehingga misalnya flow chart yang dibuat oleh si A akan tetap dapat dibaca dan mudah dipahami oleh si B, berbeda dengan pseudo code yang ada kemungkinan sulit dipahami oleh orang lain karen penggunaan bahasa yang berbeda.

Baca Tulisan Lainnya Juga :)

0 komentar: