Algoritma Rekursif Untuk Mempersingkat Proses

0 Comments


Dalam penulisan bahasa pemrograman kita sering kali harus menulis logika iterasi / looping / perulangan untuk memecahkan sebuah masalah. Dalam perulangan ini kita biasa menggunakan bentuk-bentuk for... atau while....

Untuk beberapa kasus, ternyata perulangan bisa saja dihilangkan dengan menggunankan fungsi rekursif sehingga akan lebih ringkas dalam penulisan algoritma dan coding-nya.

Apa itu fungsi rekursif?
Istilah rekursif biasa dipakai untuk menunjukkan sebuah fungsi yang dipanggil di dalam baris kode fungsi itu sendiri. Maksudnya ketika kita membuat sebuah fungsi, sebelum akhir baris dari kode fungsi tersebut kita sudah menjalankan fungsinya di dari dalam. Atau dengan kata lain fungsi rekursif adalah fungsi memanggil dirinya sendiri.

Sebagai contoh silakan lihat kasus di bawah ini:
Kita membuat sebuah program faktorial, pada gambar pertama menggunakan iterasi

mengganti iterasi dengan rekursif

Nah kemudian kita coba dengan rekursif

Fungsi rekursif dalam bahasa C

Kelihatan lebih ringkas kan? pada gambar kedua kita memanggil fungsi faktor() di dalam baris fungsi itu sendiri. Perhatikan di bagian return udin*faktor(udin-1); setelah statement else. hasil yang ditampilkan akan sama.

tampilan fungsi rekursif faktorial


Baik, sekian dulu semoga artikel Algoritma Rekursif ini bisa bermanfaat. Mohon maaf sebelumnya, bukan bermaksud mengajari ya.. hanya share sedikit ilmu saja :)

Baca Tulisan Lainnya Juga :)

0 komentar: