Algoritma Merubah Angka Menjadi Bentuk Kalimat - Bagian Pertama

0 Comments


Kalo kita sering-sering memperhatikan hal-hal disekitar kita, ada banyak sekali yang bisa kita pelajari termasuk mengenai Algoritma. Salah satunya adalah ketika kita menerima kwitansi. Di situ biasanya tertera jumlah uang dalam bentuk angka dan dalam bentuk kalimat dengan huruf.

Nah, dari contoh kasus sederhana seperti ini kita bisa mempelajari algoritmanya. Pernah ga anda penasaran bagaimana seandainya anda akan menulis bagian kalimat dari angka yang diberikan, misalnya 786.345.543. Otak kita akan dengan mudah menyebutkannya menjadi “Tujuh Ratus Delapan Puluh Enam Juta Tiga Ratus Empat Puluh Lima Ribu Lima Ratus Empat Puluh Tiga”.
Algoritma membuat aplikasi kwitansi

Terus gimana ya kira-kira algoritmanya, kalo kita mau membuat aplikasi sederhana yang akan merubah angka menjadi bilangan dalam bentuk kalimat?

Sekedar untuk melatih logika saja, membuat aplikasi sederhana seperti itu bisa mengasah kemampuan analisa kita dalam hal menentukan algoritma pemecahan masalah tertentu.

Merancang aplikasi kwitansi


Berikut ini adalah algoritma dasar yang saya utak-atik sendiri. Bisa saja saya search di Google, tapi saya pilih berpikir sendiri karena memang bukan cara instan seperti itu yang saya mau. Di Google anda bahkan bisa langsung ketemu listing coding aplikasi seperti ini dalam bahasa pemrograman yang anda inginkan.

Ok, goal kita adalah melatih logika saja. Membuat aplikasi sederhana yang bisa mengubah angka-angka menjadi kata-kata, begitu kira-kira.

Berikut ini adalah logika algoritma saya, (silakan berbagi kalo anda punya cara yang lebih sederhana)
  1. Anggaplah kita diberi sebuah bilangan 4348923 (empat juta tiga ratus empat puluh delapan ribu sembilan ratus dua puluh tiga). 
  2. Pertama, coba kita perhatikan pada dasarnya angka-angka tersebut terdiri dari 3 bagian yaitu bagian jutaan, bagian ribuan, dan bagian satuan. 
  3. Nah, kemudian kita perhatikan lagi, dari tiap-tiap bagian terdiri dari 3 angka yang punya level berulang. Ratusan, Puluhan, dan level dari bagian itu sendiri. 
Untuk mempermudah bayangan, silakan perhatikan ilustrasi berikut:

Masukkan secara berurutan dari angka paling terakhri ke dalam kotak satuan. Mulai dengan kotak paling kanan.
Kotak Satuan
 Sekarang Angka yang tersisa 4348, Masukkan lagi ke kotak kedua yaitu kotak ribuan. Dimulai dari kotak paling kana.
Kotak Ribuan 
Angka yang tersisa 4, masukkan juga ke kotak terakhir yaitu kotak jutaa.
Kotak Jutaan
Dengan cara dipecah seperti ini kita hanya perlu membuat algoritma sederhana yaitu :

  1. Algoritma untuk mencari tahu pada kotak mana sebuah angka itu masuk,
  2. Kedua, algoritma untuk mengetahui pada posisi level mana angka tersebut berada, apakah Ratusan, Puluhan, atau Satuan yang menunjuk jenis kotak tsb.
Pada contoh ilustrasi di atas, kita bisa sebut dengan kalimat seperti ini.
  • 4 berada pada level satuan, kotaknya adalah jutaaan. Maka bisa kita tulis Empat Juta
  • 3 berada pada level ratusan, kotaknya adalah ribuan. Maka bisa kita tulis Tiga Ratus
  • 4 berada pada level puluhan, kotaknya adalah ribuan. Maka bisa kita tulis Empat Puluh
  • 8 berada pada level satuan, kotaknya adalah ribuan. Maka bisa kita tulis Delapan Ribu
  • 9 berada pada level ratusan, kotaknya adalah satuan. Maka kita tulis Sembilan Ratus
  • 2 berada pada level puluhan, kotaknya adalah satuan. Maka kita tulis Dua Puluh
  • 3 berada pada level satuan, kotak satuan. Maka kita tulis Tiga
Lalu kita gabung semua string yang dihasilkan menjadi. "Empat Juta Tiga Ratus Empat Puluh Delapan Ribu Sembilan Ratus Dua Puluh Tiga."


Nah, kira-kira seperti itu. Algoritma ini adalah algoritma dasar dari cara merubah bilangan dalam bentuk angak ke bentuk kalimat ( bilangan dalam bentuk huruf ). 

Di posting selanjutnya saya akan coba berbagi lagi tentang tema ini, tapi dengan masalah yang sedikit lebih kompleks. Insya Allah saya juga akan sertakan contoh coding-nya dalam bahasa pemrograman.

Semoga bermanfaat.

Baca Tulisan Lainnya Juga :)

0 komentar: