Mobil Dinas Pemerintahan pun Menggunakan Mobil Murah Bersubsidi

0 Comments


Entah untuk tujuan hemat biaya operasional, atau untuk mendukung program mobil murah ramah lingkungan untuk rakyat miskin, atau apapun itu. Mobil berplat polisi merah ini saya temukan melaju di jalanan. Astra Toyota Agya, adalah salah satu mobil yang masuk dalam proyek mobil murah untuk rakyat. Mobil yang dibanderol "cukup murah" itu, dibebaskan dari beban pajak barang mewah (referensi : kemenperin )sehingga dapat dikatakan mobil ini disubsidi pemerintah.
mobil murah bersubsidi digunakan sebagai mobil dinas

Tujuan awal proyek ini adalah katanya agar "rakyat miskin" bisa memiliki kendaran roda empat sendiri. Tapi saya sendiri bingung rakyat miskin seperti apa yang bisa beli mobil, lah buat makan sehari-hari aja susah kok malah beli mobil. Dengan membebaskan dari pajak barang mewah, harga penjualan mobil ini termasuk dari beberapa merek lain dapat ditekan habis. Walaupun tetap saja tidak semurah harga tahu dan tempe yang notabene-nya adalah kebutuhan pokok rakyat miskin.

Meski ditentang oleh berbagai pihak termasuk pak Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, toh akhirnya mobil "murah" ini tetap diluncurkan dan sudah memenuhi jalanan.

Kalo soal mobil murah ga masalah lah kalau yang beli rakyat biasa, sekalipun bukan rakyat miskin (tidak sesuai tujuannya). Tapi kemarin, dalam perjalanan pulang ke tempat kerja dari Bogor ( kebetulan saya adalah pekerja lapangan ) saya melihat Astra Toyota Agya berplat merah ini melaju di antara kendaraan lain di jalanan Ibu Kota. Persisnya di jalan depan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.
Mobil Bersubsidi pemerintah

Saya kemudian iseng mengambil foto mobil ini, dan saya posting di sini. Foto ini juga jadi koleksi di blog gallery  saya di pix.ayayank.com biar banyak yang lihat hehehe...

Akhirnya, ya sudahlah.. toh mobil-mobil pemerintah juga sudah sering menggunakan barang-barang bersubsidi termasuk BBM bersubsidi dan Mobil bersubsidi. Walaupun penggunaannya sekarang BBM subsidi sudah mulai dibatasi hanya untuk rakyat miskin saja.

Salam, semoga bermanfaat.

Baca Tulisan Lainnya Juga :)

0 komentar: