Visitor Organic Jauh Lebih Bermutu dan Tertarget

0 Comments



Visitor Organic dengan SEO

Judulnya serem banget, seolah-olah seorang master SEO aja yang nulis hahah... :D . Padahal sejujurnya, saya paling males nulis tentang SEO, takut disangka menggurui. Ngaca diri hehe,, walaupun sudah sejak 2009 ngeblog, toh saya ga pernah sepenuhnya konsisten ngeblog dan ber-SEO ria lalu dapet duit seperti kebanyakan yang dibahas sama blog-blog di luar sana.

Tapi whatever lah, saya bikin tulisan ini bukan untuk menggurui atau ngajarin dan teman-teman sejenisnya. Hanya kepikiran saja sebelum berangkat kerja pengen nulis. Kasian kan blog-nya ga pernah  disentuh hihi... :)

Ini bukan sebuah analisa ilmiah,  tapi hanya pengalaman pribadi aja. Mempunyai blog atau website memang menyenangkan kalo punya cukup pengunjung (blog ini blm temasuk hehe..) apalagi pengunjung yang melimpah ruah samapai luber dan bikin banjir seperti banjir Jakarta. Hmmm... tapi, akan jauh lebih menyenangkan lagi kalo pengunjungnya adalah pengunjung yang berkualitas dan tertarget. Jadi bukan sekedar pengunjung yang asal datang dan terdampar di blog kita.

Pengunjung yang tertarget tentunya adalah pengunjung yang datang ke blog atau website kita karena mereka butuh dengan informasi yang kita sediakan. Bukan sekadar teman-teman dekat yang bolak-balik datang karena kita suruh (hehe ini saya banget) dan dipaksa baca-baca blog kita, padahal mereka tidak membutuhkan sama sekali informasi yang kita sediakan. 

Pengunjung Hasil Blog Walking

Menurut saya lagi (mohon dikoreksi jika salah), pengunjung yang datang dari hasil blog walking tanpa ada niat mencari informasi juga termasuk pengunjung yang kurang bermutu. Misalnya, saya berkunjung ke web A lalu si pemilik web A berkunjung balik ke web saya. Yang seperti ini menurut saya kurang berkualitas, (hanya pendapat saya sih). Mereka yang hanya blog walking sebagai balasan / sebagai kunjungan balik sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan, kecuali mereka sambil mengevaluasi bagaimana blog kita dan kualitasnya seperti apa. Bukan sekedar say hello lalu menulis di komentar "Kunjungan balik, terima kasih sudah berkunjung ke tempat saya". Yah, walaupun memang ucapan terima kasih itu bagus. Tapi ada baiknya kalo me-review blog kita di web mereka (hehehe..... ngareeep..).

Pengunjung dari Search Engine

Sejauh ini, barang kali hanya pengunjung dari search engine saja yang menurut saya masih paling berkualitas. Karena mereka datang dengan keinginan hati sendiri dan dengan kebutuhan informasi yang kita sediakan. Nah, kalau begini kan ngeblog bisa jadi pahala karena bermanfaat buat orang lain.

Pengunjung dari hasil referensi blog lain

Selain itu pengunjung yang datang dari referensi blog lain juga termasuk berkualitas menurut saya. Dengan catatan, referensi dari blog tersebut bukanlah paid review yang kita sewa untuk menuliskan artikel tentang blog kita. Sebetulnya, paid review juga tidak masalah asalkan tema yang mereka usung di blog mereka tidak terlampau jauh berbeda dengan tema blog kita. Jadi jangan sampai blog yang bertema kuliner lalu reviewnya oleh blog tentang peralatan listrik. Kan  gak nyambung.. heheh....

Ok, itu saja cuap-cuap dari saya. Jangan percaya 100% tulisan saya hehehe... karena saya tidak punya pengalaman dan skill yang cukup tentang SEO dan membuat blog terkenal. Ini sekedar pendapat pribadi saja tanpa ada riset ilmiah apapun. Terima kasih, salam.

Baca Tulisan Lainnya Juga :)

0 komentar: