Cara Membuat Website Sendiri

0 Comments


    Posting pagi ini(kebetulan saya nulis ini pagi-pagi), inget beberapa tahun lalu, mungkin hampir 10 tahun-an.  Ketika itu saya baru-barunya kenal internet.  Hampir tiap hari waktu dihabiskan untuk bolak-balik warnet, setelah pulang sekolah tentunya.  Saya suka sekali browsing dan berburu informasi apa saja, yang kalau tanpa internet pastinya saya akan kesulitan waktu itu.  Bukan karena apa-apa, tapi disebabkan saya suka membaca cuman jumlah buku yang saya punya terbatas.

Membuat Website Sendiri
Waktu berlalu, setelah hanya puas menjadi pembaca pasif (karena waktu itu saya belum kenal sosial media, dan saya rasa juga mungkin baru ada myspace atau friendster aja).  Rasa ingin tahu saya akhirnya meningkat, saya ingin tahu cara membuat website.  Bermodal mesin pencari yang hebat itu, saya browsing sana-sini dan akhirnya menemukan beberapa artikel tentang langkah-langkah pembuatan website.



bola dunia membuat website sendiri Saya ingat betul, awal saya mempelajari HTML.  Membuat halaman website yang sangat sederhana, sangat statis dan jauh dari desain yang menarik. Tapi pada waktu itu saya sudah cukup bangga.  Layanan website yang saya pakai ketika itu adalah Geocities dari Yahoo, mungkin beberapa sobat yang pernah mengalami internet 10 tahun yang lalu atau lebih, akan tahu layanan ini.  Geocities memang bisa disebut satu-satunya layanan termudah dan gratis untuk membuat website sendiri.  Baik itu website pribadi atau website perusahaan.

Mengenal Hosting
Setelah beberapa lama, kemudian saya berkenalan dengan hosting.  Apalagi banyak hosting yang menawarkan layanan hosting gratis bermunculan waktu itu.  Akhirnya saya pun belajar website yang "sebenarnya".  Kebetulan saya waktu itu baca buku tentang php, dan akhirnya saya belajar membuat web. Waktu itu sekitar tahun 2007, saya sudah belajar tentang php. Tapi sayang, saya belum punya komputer sendiri.  Jadilah belajarnya hanya sekedar tau teori tanpa praktek. Makanya sampai tahun 2014 ini saya masih belum menguasai banget pemrograman php hehhe...

Belajar nge-Blog
Awal tahun 2009, setelah saya tinggal di kampung, saya belajar membuat blog.  Meskipun sebenarnya sudah kenal blog itu dari beberapa waktu sebelumnya, tapi saya baru betul-betul membuat blog pertama saya di tahun 2009. Platform blogger pada waktu itu, dengan tema yang campur aduk sama persis dengan blog ini sekarang.

Cara membuat website
Dari blogger (blogspot) saya kenal wordpress selfhosted, lalu kenal domain, kenal SEO dan lain-lain.  Walaupun gak semuanya saya pelajari dengan mendalam, saya mempelajari semuanya secara otodidak dari materi yang bertebaran di internet.

Ketika sudah membuat blog, saya menikmati betul kegiatan-kegiatan blogging.  Yaahh... walaupun sekedar cuap-cuap materi sembarang.  Apalagi kalau sudah ada yang baca, hmm.. rasanya tuhh.. :)

Cara Termudah Membuat Website
Sekarang saya berkesimpulan, bahwa cara termudah dan menyenangkan untuk membuat website adalah dengan blog.  Terutama untuk pemula, atau yang gak mau dipusingkan mempelajari kode-kode rumit pemrograman.  Cukup membuat akun di penyedia layanan blog, seperti www.blogger.com atau www.wordpress.com, atau bisa minta dibuatkan sama teman yang paham.  Setelah itu kita tinggal mengurusi isi / konten dan materi apa yang mau kita sampaikan di website tersebut.

Nah, itu sih menurut saya. Kalau teman-teman males ribet-ribet belajar pemrograman website atau ga minat belajar pemrograman, cara membuat website dengan menggunakan blog adalah cara termudah dan terbaik.  Soal hasil akhir, gak akan kalah sama yang jago program atau jago desain web.  Sekarang banyak banget di internet template atau tema desain blog yang keren-keran dan gratis. Tinggal ambil dan pasang di blog kita.

Buat temen yang minat pemrograman atau desain web, pastinya lebih baik pakai keahliannya untuk membangun website dengan sisi custom yang sesuai keinginan.  Selain untuk mengasah skill, juga bisa menjadi bahan Portfolio di waktu mendatang.

Oke deh, cukup sekian dulu. Mudah-mudahan bermanfaat, baik bagi temen-temen yang baru memulai dan ingin tahu cara membuat website atau juga buat temen-temen yang sudah mahir di bidang ini.

Salam,
Ahyar

Baca Tulisan Lainnya Juga :)