Enkripsi dan Dekripsi MD5 Hash di PHP dengan metode Brute Force

0 Comments



cara mendekripsi md5 di php dengan brute force

Hampir satu tahun sudah saya gak menulis apa – apa di blog ini.  Sebetulnya pengen banget nulis, tapi tahun ini alhamdulillah saya dikasih banyak kesibukan, sehingga waktu untuk nulis pun gak ada.  Yaah.. begini deh rasanya jadi karyawan plus ngambil keputusan sambil “sekolah” lagi.  Ditambah lagi pindak kontrakan, dan sekarang makin jauh dari tempat kerja. Hmm..... ini mah curhat namanya :D

Tapi, tiba – tiba pagi ini saya ada ide nulis lagi.  Idenya sederhana sih, cuma memposting tugas – tugas yang pernah saya kerjakan.  Siapa tahu aja ada teman – teman di luar sana juga yang dapat tugas kayak gini.  Bukan ngajarin sih, tapi konsep ATM (Amati Tiru dan Modifikasi) yang ingin saya sebar luaskan.  Maksudnya supaya less efforts.  Jadi kita hanya perlu memahami aja, kemudian selanjutkan kita sesuaikan dengan kebutuhan.  Sebagian besar tugas – tugas yang saya kerjakan pun begitu, saya ambil dari internet, dipelajari, trus dipahami, baru diubah sesuai kebutuhan.

     Oke, cuap – cuapnya selesai.  Langsung aja, contoh tugas yang saya posting kali ini adalah tentang PHP.  Lebih rincinya adalah tentang MD5 Hash.  Apa itu MD5 Hash? Saya pikir ga perlu saya jelasin, teman – teman bisa browsing sendiri tanya ke om Google.

      MD5 hash sendiri sebenernya sederhana di PHP, cukup dengan memanggil fungsi md5(“string”).  Tapi yang ingin saya titik beratkan bukan di masalah gimana cara meng-enkrip atau meng-encode string dengan MD5 Hash di PHP.  Tapi saya ingin berbagi tentang bagaimana men-dekrip atau men-decode string hasil enkripsi MD5.









       Pada dasarnya, MD5 Hash ga bisa di-dekrip.  Karena memang dari sananya (algoritma si pembuat ga menyediakan untuk proses dekripsi / decoding ).  Makanya MD5 sendiri biasanya dipakai di website dengan cara membandingkan hasil enkrip dari inputan password dengan password yang sudah di-enkrip dan disimpan di database.

     Tapi untuk kasus – kasus sederhana, MD5 hash bisa di-dekrip.  Ada beberapa website juga menyediakan aplikasi dekrip MD5, tapi mereka semuanya juga hanya bisa menyelesaikan kombinasi string yang gak terlalu rumit.  Nah, yang saya akan posting pun sama.  Untuk string – string yang gak terlalu panjang juga dengan kombinasi yang ga terlalu rumit bisa kita buat algoritmanya untuk men-dekrip hasil enkripsi MD5.  Metode ini disebut brute force, saya dapat referensi dari http://www.braindisorder.org/2008/11/md5-brute-force-with-php/ , teman – teman bisa baca sumber aslinya.

     Metode brute force MD5 sebenarnya cuma metode membanding-bandingkan antara hasil enkripsi dengan string yang disususn.  Misal ada string dengan panjang 4 karakter, maka algoritma ini akan mencoba membandingkan satu persatu kombinasi string mulai dari aaaa, aaab, dan seterusnya.  Makanya, kalau string yang kita cari semakin panjang dan semakin rumit, proses pencariannya akan semakin lama.  Sebagai contoh pada gambar saya mendekripsi kata “kuning” dari hash MD5, membutuhkan waktu 227,494 detik.  Bisa temen – temen bayangkan kalau yang akan didekrip adalah string yang panjang dan dengan kombinasi yang rumit, pasti bakal semakin lama.

   Oke, semoga bermanfaat.  Untuk source code-nya bisa temen – temen download via link di paling bawah.  Makasih.


Illustrasi

Cara meng-enkripsi teks di php



PHP MD5


cara enkrip php md5

cara dekrip php md5




Download source code-nya di sini

Lihat juga Video Youtube, Aplikasi sederhana ini lagi in Action. Check video Dekripsi MD5 PHP.

Baca Tulisan Lainnya Juga :)