Jual Beli Yang Baik Menurut Pandangan Islam

0 Comments


Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Kita juga pahami bahwa jual beli yang diberkahi adalah salah satu pekerjaan terbaik. sebagaimana dalam sebuah hadits disampaikan :

اىّ الكسب أطيب قال عمل الرجل بيده وكلّ بيع مبرور

"Wahai Rosululloh, mata pencaharian (kasb) apa yang paling baik?" Beliau bersabda : " Pekerjaan seeorang dengan tangannya sendiri dan setiap jual beli yang mabrur (diberkahi) " .

Ulama berpendapat bahwa jual beli yang diberkahi adalah jual beli yang di dalamnya tidak ada sumpah dusta sekedar untuk melariskan dagangannya, juga terbebas dari tindak penipuan.

Menurut Syaikh 'Abdullah Al Fauzan, jual beli mabrur adalah jual beli yang memenuhi syarat dan rukun jual beli, terlepas dari jual beli yang bermasalah menurut hukum Islam dan dibangun di atas kejujuran serta menghindarkan diri dari penipuan dan pengelabuan.

Jual Berli yang baik menurut Islam

Dari kriteria jual beli yang baik di atas, maka kita dapat mengambil kesimpulan sederhana bahwa jual beli sebaiknya mengedepankan kejujuran atas apa yang kita perjualbelikan.  Hal tersebut disebabkan akan merugikan sebagian pihak dari pihak lainnya.  Di samping itu pula, kita harus memperhatikan barang - barang apa saja yang halal diperjualbelikan dan barang - aparang apa saja yang tidak.

Sehingga, alangkah baiknya setiap pebisnis atau pedagang muslim mempelajari dan memahami kaidah - kaidah ilmu fikih jual beli dengan sebaik-baiknya.  Agar tidak hanya mendapat untung materi, tapi juga mendapat berkah dalam harta yang diperolehnya.

Bagi Anda sekalian yang juga menggeluti bisnis online, tentu sebaiknya paham kaidah - kaidah ilmu fikih muamalah.  Jangan sampai bisnis kita maju dengan ditopang sesuatu yang syubhat atau bahkan dilarang menurut Syariat.

Semoga bermanfaat.

Dikutip dari berbagai sumber :
www.muslim.or.id
buku Bermodalkan Ilmu Sebelum Berdagang karya Ust. Muhammad Abduh Tausikal

Baca Tulisan Lainnya Juga :)