Belanja Murah Online : Solusi Mudah Para Shopaholic

0 Comments


Belanja murah online,  tiga kata itulah yang banyak dibicarakan beberapa tahun belakangan ini.  Penetrasi internet yang cukup cepat dan masiv di Indonesia membuat kebutuhan akan informasi serta membuka peluang bisnis baru di tanah air.  Kini, internet tidak lagi menjadi barang mewah.  Apalagi dengan kehadiran smartphone murah yang sangat mumpuni untuk memenuhi kebutuhan berselancar di dunia maya.

Berkembang internet, berkembang pula peluang bisnis di dalamnya.  Apalagi, masyarakat Indonesia sekarang mulai berani dan percaya dengan transaksi online yang dianggap lebih mudah dan praktis ketimbang dengan belanja konvensional.

Pertumbuhan kepercayaan terhadap transaksi elektronik ini membawa dampak dua sisi.  Sisi baik dan sisi buruk.
Bagaimana belanja online murah dan aman

Dari sisi baik, dengan meningkatnya kepercayaan terhadap transaksi elektronik dengan media belanja online maka hal ini membawa dampak baik bagi dunia usaha.  Banyak perusahaan maupun bisnis baru bermunculan.  Selain meningkatkan kesejahteraan pelakunya, juga mengurangi jumlah pengangguran yang cukup lumayan.

Namun di sisi buruknya, kepercayaan terhadap transaksi elektronik sering kali dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan sepihak.  Banyak terjadi penipuan saat berbelanja di internet.

Solusi,
Menurut saya, ada beberapa solusi yang bisa digunakan sebagai sarana preventif dari penyalahgunaan transaksi elektronik saat berbelanja online.

  1. Belanja di website ternama, Online shop ternama yang memiliki reputasi baik tentu jauh lebih aman dibandingkan berbelanja di toko online yang anda belum tahu.
  2. COD bila dimungkinkan.  Cash On Delivery atau bayar di tempat adalah solusi kedua terbaik.  Pembayaran saat barang anda terima, memungkin anda untuk mengecek terlebih dahulu kondisi barang yang dibeli.
  3. Cek Alamat Toko.  Jika anda membeli barang melalui toko online lokal kota anda, cek dulu alamat fisik toko.  Apakah alamat yang tertera adalah benar atau sekedar alamat fiktif.
  4. Cari testimonial kawan.  Mencari testimonial tentang kualitas pelayanan sebuah toko online bisa menjadi pilihan agar terhindar dari penipuan saat belanja online.  Anda bisa bertanya kepada teman yang pernah membeli, atau di forum-forum internet yang membahas mengenai jual beli online.
  5. Jangan tergiur dengan barang murah. Harga murah memang selalu menjadi daya tarik bagi setiap pembeli.  Tapi pastikan barang yang anda peroleh sebanding dengan uang yang anda keluarkan.  Jangan mudah tergiur dengan embel-embel "harga murah", kalau ternyata kualitas jauh.  Apalagi bila selisih harga yang ditawarkan terpaut sangat jauh dengan harga pasaran, sebaiknya anda tutup situs tersebut dan mencari situs lainnya. 
Belanja online memang mengasyikan, apalagi kemudahan yang ditawarkan.  Namun demikian, anda patut berhati-hati saat berbelanja online, lebih-lebih saat mencari barang murah.  Jangan sampai barnang murahan yang didapat.

Baca Tulisan Lainnya Juga :)