Rencana Pembuatan Aplikasi Kwitansi Versi Kedua

0 Comments


Setelah satu tahun yang lalu, saya pernah menulis tentang bagaimana membuat aplikasi kwitansi sederhana dengan PHP.  Alhamdulillah, source code PHP-nya sudah saya bagikan juga.  Nah giliran kali ini keluar ide baru.

Masih seputar membuat program kwitansi, dan masih pake PHP juga :)  Aplikasi cetak kwitansi ini rencananya adalah versi kedua yang sudah diperlengkap dan dipermudah penggunaannya.  Saya pun tidak akan membahas soal baris perbaris kode programnya.  Karena kali ini saya fokuskan aplikasi ini menjadi aplikasi siap pakai, yang mudah dioperasikan oleh pengguna awam tanpa perlu mengetahui seluk beluk bahasa pemrograman.

Kelebihan Aplikasi Kwitansi v2
Ada beberapa fitur baru yang akan saya tambahkan ke dalam aplikasi kwitansi baru ini diantaranya :
  1. Tampilan Aplikasi yang lebih sederhana untuk mempermudah pengguna awam.
  2. Terdiri dari 3 menu utama, yaitu menu cetak kwitansi, arsip kwitansi, dan menu pengaturan.
  3. Fitur Nomor Kwitansi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, dan nomor bertambah setiap cetak kwitansi baru.
  4. Sistem pengarsipan kwitansi. Anda dapat mengecek record kwitansi pada tanggal tertentu atau nomor kwitansi tertentu untuk mengetahui rincian peruntukannya.
  5. Merubah variabel yang ada di kwitansi tanpa perlu mengedit kode programnya, cukup melalui menu pengaturan.
  6. Saya akan coba mem-bundel aplikasi ini langsung dengan server Apache light atau aplikasi lain yang dapat menjalankan script PHP.  Dengan bundling ini, anda tidak perlu lagi menggunakan XAMPP atau aplikasi sejenis PHP Triad untuk menjalankan program kwitansi ini.
  7. Object Oriented Programming.  Untuk keperluan maintenance dan pengembangan lebih lanjut, saya akan membuat program berdasarkan Class-Class modul aplikasi yang dapat anda develop nantinya.
  8. Disertakan juga dokumentasi manual, bagi yang ingin meng-kostumasi aplikasi ini.

Masih Dalam Tahap Pengembangan
Karena minimnya waktu saya di luar jam kerja dan kegiatan lain, aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan.  Mudah-mudahan dalam waktu 1 minggu ke depan sudah bisa di-publish dan bisa diunduh aplikasinya.

Baca Tulisan Lainnya Juga :)