Membangun Blog Yang Sehat

0 Comments


Memiliki blog dan fokus dalam menulis konten blog harus benar-benar diperhatikan.  Layaknya mengurusi anak, merawat blog harus diperhatikan kesehatannya juga.  Blog yang sehat akan memberikan imbal balik yang memuaskan pula kepada si pemilikya.  Banyak visitor, kemudian visitor betah berlama-lama membaca tulisannya, dan yang paling penting pengunjung akan dengan senang hati kembali lagi berkunjung ke blog anda untuk membaca tulisan-tulisan terbaru.

Bagi blogger yang meng-uangkan blognya, maksud saya memonetisasi tentunya jumlah visitor adalah salah satu tolok ukur untuk keberhasilan dalam menghasilkan uang dari blognya.

Lalu bagi blogger yang hanya sekedar menulis dan berbagi pengetahuan dengan pembacanya, visitor tetap sangat penting.  Bagaimana tidak, tulisan anda akan menjadi kumpulan tulisan yang sia-sia yang tak satupun orang membacanaya.

Blog Yang Sehat
Nah, di sini lah pentingnya memperhatikan kesehatan blog yang anda kelola.  Kesehatan blog akan sangat berkorelasi besar dengan jumlah lalu lintas pengunjung (jumlah visitor) ke blog anda.
Membangun blog yang sehat dan bersahabat dengan mesin pencari

Tolok ukur kesehatan blog dapat dilihat dari berbagai macam aspek, terutama dari segi kebersahabatan blog anda dengan mesin pencari.  Karena tak bisa dipungkiri, mesin pencari adalah media yang paling ampuh dan murah untuk mendatangkan pengunjung blog yang organik dan bisa saja dengan jumlah yang massiv.

Oleh karena itu, yang harus menjadi konsentrasi utama anda dalam menjaga kesehatan blog anda adalah sisi aspek SEO-nya.  SEO? ya, SEO memang kadang membuat kita pusing apalagi blog dengan niche yang sangat ketat persaingannya.  Tapi menurut saya, sebagai blogger kita tak perlu memusingkan hal tersebut.  Persaingan ya tetap persaingan,  kalau saja konten blog kita berkualitas pasti kita akan tetap mempunyai nilai yang baik. 

Saya sendiri tak begitu ahli dalam hal SEO, saya juga tak selalu mengikuti tiap perkembangan teknik SEO.  Apalagi menggunakan trik-trik topi hitam (baca: Black Hat/ Jahat) untuk mendongkrak popularitas blog.   Selama ini, saya hanya menggunakan teknik SEO standar ditambah memanfaatkan media sosial dan media lainnya sesuai yang berkembang.  Tapi dari sisi teknik link buildin, saya tak membuat sesuatu yang baku semisal Link Wheel, atau semacamnya.

Bagi sobat blogger semua, dan khususnya muslim.  Yakinlah bila anda berkualitas, maka anda akan mendapat imbal balik yang sesuai.  

Semoga bermanfaat.  Salam.  Ayayank

Baca Tulisan Lainnya Juga :)

0 komentar: